Rabu, 12 November 2014

Skripsi Ekonomi: Penerapan segmentasi, targeting, positioning produk investasi emas pada pt monex investindo futures

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Penerapan segmentasi, targeting, positioning produk investasi emas pada pt monex investindo futures
Dalam  berinvestasi  banyak  cara  yang  dipilih  investor.Pasar  modal  merupakan  salah  satu  pilihan  alternatif.Menurut  UU  no  8  tahun  1995,pasar  modal  yaitu  suatu  tempat  berlangsungnya  kegiatan  yang  berkaitan  dengan  penawaran  umum  dan  perdagangan  efek,serta  lembaga  dan  profesi  yang  berkaitan dengan efek.  Dapat dikatakan pasar modal memiliki peranan yang  strategis sebagai salah satu sumber pembiayaan bagi dunia usaha dan tempat  investasi masyarakat.

Perusahaan  jasa  investasi  merupakan  sebuah  lembaga  yang  mempunyai  lingkup  kegiatan  menghimpun  dana  dari  para  investor.Kondisi  tersebut  menyebabkan  persaingan  dalam  dunia  penanaman  modal  atau  investasi  semakin  ketat.  Sehingga  menuntut  pengelolaan  jasa  penanaman  modal menciptakan keunggulan bersaing yang berbeda dari para pesaing.Agar  perusahaan  penanaman  modal  dapat  terus  berkembang  dan  menghasilkan  keuntungan.
Penanaman  modal  dari  masyarakat  dapat  diwujudkan:saham,emas,minyak.  Investasi  Menurut  Jack  Clark  Francis  (Francis, Jack C., Investment: Analysis and Management,  1991 :  1),  investasi  adalah penanaman modal yang diharapkan dapat menghasilkan tambahan dana  pada masa yang akan datang.     Investasi  dapat  dibedakan  menjadi  dua  jenis,  yaitu  sebagai  berikut:  (Bodie, Zvi, Alex Kane & Alan J. Marcus, Essentials of Investment, 1995 : 3) 1.  Investasi dalam bentuk aset riil (real assets) yaitu investasi dalam bentuk  aktiva berwujud fisik, seperti emas, batu mulia dan sebagainya.
2.  Investasi  dalam  bentuk  surat  berharga/sekuritas  (marketable  securities  financial  assets)  yaitu  investasi  dalam  bentuk  surat-surat  berharga  yang  pada  dasarnya  merupakan  klaim  atas  aktiva  riil  yang  diawasi  oleh  suatu  lembaga/perorangan tertentu.
Investasi  berwujud  fisik  seperti  emas  merupakan  bentuk  penanaman  modal dari investor untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang dengan  tingkat  resiko  mengalami  kerugian  karena  harga  emas  itu  fluktuatif,  bisa naik atau bisa juga turun.
PT Monex Investindo Futuresmerupakan perusahaan broker keuangan  terbesar  di  Indonesia  yang  berdiri  sejak  tahun  2000  yang  kantor  pusatnya  berada di Jakarta.  Pada tahun 2010, PT Monex Investindo Futures  membuka  cabang di kota Surakarta yang terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 312.
Salah  satu  strategi  utama  yang  diterapkan  di  PT  Monex  Investindo  Futures  yaitu  strategi  STP  (Segmentasi,  Targeting  dan  Positioning).  Secara  umum  segmentasi  bermanfaat  untuk  meningkatkan  posisi  kompetisi  perusahaan  dan  memberikan  pelayanan  yang  lebih  baik  kepada  konsumen  (Weinstein, 1994 dalam Ariwibowo, 2003,).
  Berdasarkan  latar  belakang  diatas,  peneliti  ingin  mengetahui  tentang  penerapan  segmen  pasar,  target  pasar,  dan  positioning  yang  diterapkan  pada  PT Monex Investindo Futures dengan mengambil judul penelitian : “PENERAPAN  SEGMENTASI,TARGETING,POSITIONING  PRODUK  INVESTASI  EMAS  (STUDY  KASUS:  PT  MONEX  INVESTINDO  FUTURES SURAKARTA)”.
B.  Rumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  masalah  di  atas  maka  rumusan  masalah  yang akan diteliti adalah: “Bagaimanakah  penerapan  Segmentasi,  Targeting,  Positioning  (STP)  produk  investasi emas PT MONEX INVESTINDO FUTURES?”.
C.  Tujuan Penelitian.
1.  Untuk  mengetahui  dampak  Segmentasi  terhadap  jumlah  investasi  emas  pada PT Monex Investindo Futures.
2.  Untuk mengetahui dampak Targeting terhadap jumlah investasi emas pada  PT Monex Investindo Futures.
3.  Untuk  mengetahui  dampak  Positioning  terhadap  jumlah  investasi  emas  pada PT Monex Investindo Futures.
  D.  Manfaat Penelitian.
1.  Bagi praktisi : Sebagai  bahan  pertimbangan  untuk  meninjau  kembali  penerapan  Segmentasi,  Targeting,  dan  Positioning  investasi  emas  di  PT  Monex  Investindo Futures.
2.  Bagi akademisi : Dapat  memberikan  kontribusi  berupa  aplikasi  Segmentasi,  Targeting,  dan  Positioning  tentang  investasi  khususnya  di  PT  Monex  Investindo Futures.
3.  Bagi Perusahaan : Sebagai  bahan  pertimbangan  bagi  perusahaan  khususnya  dalam  menentukan STP.
E.  Metode penelitian.
1.   Objek magang.
Lokasi magang  : PT MONEX INVESTINDO FUTURES.
Alamat      : Jalan Slamet Riyadi No. 312, Solo.
Waktu magang  : 14 Januari 2013 s/d 8 Maret 2012.   Jenis dan sumber data a.  Jenis data.
1)  Data Kualitatif Data  yang  tidak  dapat  diukur  dengan  skala  numerik.Data  ini  diperoleh  dari  hasil  wawancara  dengan  pihak  perusahaan    mengenai  penerapan  segmentasi,  targeting,  dan  positioning  perusahaan.      2)  Data Kuantitatif Data yang diukur dalam skala numerik. Data ini diperoleh dari  demografis  masyarakat  yang  berpenghasilan  di  atas  Rp2.000.000,00.
b.   Sumber data.
1)  Data primer Data  yang  diperoleh  secara  langsung  dengan  melakukan  wawancara dengan pimpinan atau staf perusahaan.
2)  Data sekunder Data  yang  telah  diperoleh  dari  sumber-sumber  data  yang  telah  disediakan oleh perusahaan.
3.  Teknik pengumpulan data.
a.  Observasi Teknik  pengumpulan  data  dengan  cara  melakukan  pengamatan  langsung ke perusahaan untuk mengetahui aktivitasnya.
b.  Wawancara Teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan terkait  tema  penulisan  pada  perusahaan  untuk  mendapatkan  data-data  yang  diperlukan.
 4.  Teknik analisis Penulis menggunakan teknik analisi deskriptif,  yaitu teknik untuk  membuat gambaran secara sistematis guna menjelaskan objek yang diteliti  dan didukung teori yang ada.

 Skripsi Ekonomi: Penerapan segmentasi, targeting, positioning produk investasi emas pada pt monex investindo futures

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi