Kamis, 27 November 2014

Skripsi Ekonomi: Penerapan Strategi Marketing Mix Terhadap Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Penerapan Strategi Marketing Mix Terhadap Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta
Melihat  perkembangan  jaman  sekarang  ini  kebutuhan  masyarakat  akan  semakin meningkat,  tentunya dalam  mengatasi keuangan. Fungsiuang  yangtelah  bergeser  bukan  sebagai  alat  untuk  memenuhi  kebutuhan  seharihari manusia melainkan sebagai alat tukar menukar barang dan jasa.Banyak  orang akan mencari cara yang  lebih efisiendalam mengatasinya, dan semua  itu  tidak  lepas  dari  peran  lembaga  keuangan dalam  memenuhi  kebutuhan  masyarakat.

Perbankan  sebagai lembaga  keuangan  yang memiliki  peranstrategis  dalam menciptakan dan merubah pandangan masyarakat terhadap uang. Uang  telah  bergeser  fungsi  menjadi  sarana  masyarakat  dari  sekedar  alat  tukar  menjadi sarana untuk mengatur perencanaan baik jangka pendek, menengah,  danjangka panjang. Perbankan sebagai lembagakeuanganuntuk menyimpan  dana  masyarakat  kemudian  disalurkan  kembali  kepada  masyarakat  yang  membutuhkan.
Seiring  berkembangnya produk-produk perbankan yang  menjadi  kebutuhan  masyarakat.  Lahirnya  produk  investasi,  reksadana,  asuransi sebagaiprodukyang tercipta bersamaan dengan upaya untuk meningkatkan  nilai uang. Uang  tidak  lagi  difungsikan  untuk  menjadi  alat  pemenuhan  kebutuhan masa sekarang  saja  namun telah meningkat  sebagai sarana untuk   pemenuhankebutuhan masa datang. Manfaat uang yang disimpan diperkaya  dengan  fungsi  perlindungan  jiwa  dengan  harapan  mendapatkan  hasil  yang  optimal dari investasi tersebut.
Perbankan  sebagai  sarana  untuk  memenuhi  kebutuhan  masyarakat  untuk memenuhi kebutuhan keuangan pada umumnya memiliki produk yang  sama,  yaitu simpanan dan jasa. Yang  membedakan  antara  satu  bank dengan  bank  lainnya  adalah  variasi  produk  yang  diciptakan  beserta  fasilitas yang  melengkapinya. Banyaknya bank yang ada membuat pilihan masyarakat akan  bank semakin terbuka.
Kualitas  layanan  pada  masing-masing  bank juga  tidak  kalah  pentingnya.  Tidak  dapat  dipungkiri  persaingan  yang  ketat  antar  bank  membuat  bank  harus  menerapkan  strategi  yang  tepat  dalam  meningkatkan  loyalitas nasabahnya. Tujuannya adalah selain membuat nasabah loyal, bank  juga berharap dapat meningkatkan jumlah penjualan produk yang diciptakan  beserta jumlah nasabah yang semakin banyak. Strategi bank dalam mencapai  tujuan  bisnis  tersebut  antara  lain  dengan  selalu  memberikan  inovasi  atas  produk  yang  diciptakannya  agar  sesuai  dengan  kebutuhan  nasabahnya.
Observasi  pasar  harus  selalu  dilakukan  bank  untuk  mendapatkan  gambaran  kecenderungan masyarakat terhadap kebutuhan perbankan yang diinginkan.
Inovasi yang dilakukan bank bertujuan untuk meningkatkan rasa aman  dan nyaman baginasabahnyaselain  itu  bank juga diharapkan  mendapatkan  keuntungan  yang  semaksimal  mungkin.  Seh ingga  adanya  keseimbangan  antara  dana  masyarakat  yang  dihimpun  dengan  penyalurannya. Selain  itu   keuntungan  lain  yang  diperoleh  bank  dari pendapatan  jasa  lainnya  juga  merupakan faktor penting untuk meningkatkan kinerja bank. Oleh karena itu  strategi  pemasaran  dan  pemeliharaan  nasabah  bagi  bank  memegang  peran  penting karena merupakan sarana penghasil keuntungan bagi bank.
Kondisi  di atas  menuntut  bank  untuk  untuk  melakukan  pemasaran  dengan  menggunakan  strategi  yang  tepat  agar  memiliki  daya  saing  yang  tinggi.  Pemilihan  startegi  pemasaran  yang  efektif dalampemasaran  produk  dan  jasa  dapat  dilihat  dari  penciptaan  produk  dan  penawaran  produk  ke  pasaran sesuai dengan kebutuhan atau tidak sesuai dengan kebutuhan dengan  masyarakat.
Strategi  pemasaran  melalui marketing  mixsebagai  alat  yang  tepat  digunakan  agarpemasaran  yang  dilakukan dapat  berjalan  secara  maksimal.
Marketing  mixterdiri  dari 4 bauran yaitu product(produk). price(harga),  promotion (promosi),  places (distribusi).  Sebagai  suatu  bauran,  elemenelemen tersebut  akan mempengaruhi  satu  sama  lain. Apabila dalam strategi  pemasaran salah satu elemen tersebut tidak tepat, makaakan mempengaruhi  elemen  yang  lain dan akan  menghasilkan strategi pemasaran  yang  kurang  maksimal. Sehingga bank tidak mampu mempromosikan produk dan jasanya  dengan baik, maka bank tidak akanmencapai tujuannya.
Bank tentunya tidak  asal-asalan  dalam memproduksi sebuah produk,  tetapi  banyak  hal  lain  yang  harus  diperhatikan.  Seperti  bagaimana  kualitas  produk,  bank  juga  harus  tepat  dalam  menetapkan  harga  agar  produk  yang  dipasarkan  dapat diterimadipasaran. Dengan  menetapkan harga yang  tepat,   perusahaan akan mendapatkan laba atau keuntungan yang ditargetkan. Tetapi  produk  yang  sudah  diproduksi  dengan  baik dan  penetapan  harga  yang  terjangkau belum menjamin  produk  tersebut  diterimadipasaran. Perusahaan  harus  mampu  mempromosikan  produk  kepada  masyarakat,  dengan  menggunakan media  promosi  yang  tepat, sehingga  produk  yang  telah  diproduksi  akan  dikenal  oleh  masyarakat.  Pemilihan  saluran  distribusi  juga  menjadi  pertimbangan  penting  bagi  perusahaan,  dengan  memilih saluran  distribusi yang tepat, produk tersebut akan dapat sampaike konsumen.
Dengan  melihat  permasalahan  yang  ada  pada  masyarakat  seperti  sekarang  ini.  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakartamemberi  pilihan  produk  dan  jasa  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  nasabahnya.  Dari  kalangan  biasa  hingga  industri,  dan  dengan  berbagai  pilihan segmentasi  umuruntuk  memberi  kemudahan  baginasabah yang akanberinvestasi. Selain  ituPT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakartamemberikanfasilitas  yang  memudahkan nasabahnya  dalam mengakses  produk  dan  jasa  yang  ditawarkan. Nasabah  juga  bisa  menikmati  berbagai  kenyamanan  dan  kemudahan  dalam  bertransaksi serta yang mendukung aktifitas nasabah.
Mengingat  masih  adanya  peluang  bagi  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta  untuk  bersaing  dengan  perusahaan perbankan lainnya maka perlunya melakukanstrategi pemasaran  untuk  menarik  nasabah.  Dengan  menggunakan marketing  mixyang  tepat  dalam  menyampaikan produk dan  jasanya mengenaikualitas  produk,  harga,   dan informasi kepada masyarakat secara lengkap agar dapatmencapai tujuan  perusahaan itu sendiri.
Berdasarkan  dari  latar  belakang  tersebut  yang  telah  diuraikan  diatas  maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimanastrategi marketing mixyang  diterapkan  pada  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta  dalam  memasarkan  prosuk  dan  jasanya,  untuk  itu  penulis  mengambil  judul  penelitian “PENERAPAN STRATEGI MARKETING  MIXTERHADAP  PEMASARAN  PRODUK DAN  JASA PADA  PT.
BANK  NEGARA  INDONESIA  (PERSERO) TBK KANTOR  CABANG  UTAMA SURAKARTA”.
B. Perumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  dikemukakan,  maka  dapat  dirumuskan beberapa perumusan masalah sebagai berikut:.
1. Bagaimana  penerapan  strategi marketing  mixterhadap  pemasaran  produk  dan  jasa  pada  PT. Bank  Negara  Indonesia  (Persero) Tbk  Kantor Cabang Utama Surakarta?.
2. Apa  saja  yang  menjadi  kendala  dalam pemasaran produk  dan  jasa  pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk Kantor Cabang Utama  Surakarta?.
 C. Tujuan Penelitian.
Dari perumusan masalah diatas, maka tujuan penyusunan Tugas Akhir  ini adalah:.
1. Untuk  mengetahui  penerapan  strategi marketing  mix terhadap  pemasaran produk dan jasa pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta.
2. Untuk  mengetahui  kendala  dalam pemasaran produk dan  jasa  pada  PT. Bank  Negara  Indonesia  (Persero)Tbk  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta.
D. Manfaat Penelitian.
Berdasarkan  penelitian  yang  telah  dilakukan,  manfaat  yang  dapat  diambil adalah:.
1. BagiPT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama  Surakarta Hasil  penelitian  ini  d iharapkan  dapat  memberi  informasi  yang  digunakan  sebagai  masukan  dan  pertimbangan  dalam  mengambil  keputusan  maupun  kebijakan  perusahaan  tentang strategi marketing  mixbaik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.
2. Bagi penulis Penelitian  in i  dapat  memberi  tambahan  pengetahuan  dan  wawasan kepada penulis mengenaistrategimarketing mix.
 3. Bagi pihak lain Diharapkan  penelitian  ini  dapat  digunakan  sebagai  bahan  tambahan  informasi  dan  dapat  dijadikan  sebagai  referensi  pada  penelitian yang berikutnya.

 Skripsi Ekonomi: Penerapan Strategi Marketing Mix Terhadap Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Utama Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi