Senin, 24 November 2014

Skripsi Ekonomi: Penerapan Strategi Promosi Kantor Pegadaian Nusukan Surakarta

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang Masalah.
Skripsi Ekonomi: Penerapan Strategi Promosi Kantor Pegadaian Nusukan Surakarta
Dunia  ekonomi  adalah  dunia  bisnis  atau  investasi.Hal  ini  bisa  dicermati  mulai  dari  tanda-tanda  eksplisit  untuk  melakukan  investasi  hingga  tanda-tanda  implisit  untuk  menciptakan  sistem  yang  mendukung iklim investasi.Sesuai dengan labelnya pegadaian adalah  institusi  keuangan  yang  berbasis  sistem  pinjaman  keuangan  dengan  sistem  gadai  suatu  benda  yang  senilai  dengan  jumlah  nominal  pinjaman yang diajukan.

Pegadaian  merupakan  mitra  dalam  rangka  memenuhi  semua  kebutuhan keuangan sehari-hari.Pegadaian  dijadikan  sebagai  tempat  untuk  melakukan  transaksi  yang  berhubungan  dengan  keuangan.jika  ditelusuri  lewat  sejarah  sejak  dulu  sampai  sekarang  ini,  peranan  pegadaian  dalam  memajukan  perekonomian  dalam  suatu  negara  sangatlah besar. Pada era globalisasi saat ini, masalah kebutuhan dan  pemenuhan kebutuhan hidup merupakan sebuah ungkapan yang tidak  asing  dalam  lingkup  perekonomian,  kebutuhan  yang  tak  terbatas  dengan  alat  pemenuhan  yang  sangat  terbatas,  hal  yang  demikian  akibat  pada  masyarakat  tidak  diimbangi  dengan  kemampuan  sumberdaya  manusia  yang  memadai.  Pada  akhirnya   akanmenimbulkan  berbagai  masalah  keuangan  bagi  sebagian  kalangan yang tingkat perekonomiannya menengah ke bawah.
Keinginan  individu terhadap pemenuhan  pangan, sandang dan  papan, baik yang kebutuhan barang atau jasa, merupakan kebutuhan  mendasar yang tidak dapat dielakkan begitu saja, sehingga pentingnya  pemenuhan  terhadap  segala  aspek  kebutuhan  yang  ada  menyebabkan  setiap  individu  masyarakat  berusaha  untuk  mencari  barang/jasa yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dengan  adanya  fenomena  seperti  ini,  menyebabkan  banyak  masyarakat  yang  menggunakan  jasa  perusahaan  financial  yang  memberikan alternatif jasa permodalan, pembiayaan investasi maupun  tabungan  kepada  masyarakat, sehingga  masyarakat  dapat  memilih  salah satu dari sekian banyak  alternatif yang dipandang  sesuai  untuk  meningkatkan  kesejahteraan  pribadi  masyarakat  yang  bersangkutan.
Salah  satu  alternatif  yang  ditawarkan  bagi  masyarakat  yang  menginginkan  tambahan  modal  ataupun  hanya  sekedar  keluar  dari  permasalahan  keuangan  untuk  membangun  dan  mengembangkan  usahanya adalah dengan memanfaatkan jasa pegadaian.
Persaingan  pegadaian  dan  situasi  bisnis  pasar  saat  ini  sangatlag  cepat  mengalami  perubahan.Masing-masing  pegadaian  berlomba  untuk  menarik  konsumen  untuk  menggunakan  dan  mempercayai  adanya  jasa  pegadaian.Bagi  pegadaian  yang  merupakan badan usaha yang berorentasi profit, kegiatan pemasaran   sudah merupakan suatu kebutuhan utama. Tanpa kegiatan pemasaran  jangan  diharap  kebutuhan  dan  keinginan  pelanggan  akan  terpenuhi.
(Kasmir. 2001: 154).
Pemasaran secara esensial adalah proses kreatif yang memiliki  dasar  ilmiah  tetapi  tidak  ada  jaminan  mutlak  untuk  kesuksesan.
Pemasaran  adalah  pusat  dari  keseluruhan  pikiran  keberadaan  suatu  organisasi  dan  hubungannya  dengan  pasar  dan  pelanggan.  Sebagai  lembaga  atau  perusahaan  yang  bergerak  dalam  bidang  jasa  pegadaian,  kantor  pegadaian  Nusukan  Surakarta  harus  mengetahui  penerapan  strategi  yang  sesuai  dalam  rangka  promosi  akan  pegadaiannya tersebut.
Pegadaian  Nusukan  Surakarta  tidak  akan  dapat  berjalan  dan  tidak  akan  diterima  dan  diketahui  oleh  masyarakat  bila  tidak  ada  kegiatan  promosi  untuk  perusahaannya.  Untuk  mengatasi  adanya  persaingan  di  pasaran,  kantor  pegadaian  Nusukan  Surakarta  harus memilih dan menerapkan sistem promosi yang tepat guna menghadapi  persaingan  tersebut.  Penerapan  promosi  dapat  dilakukan  dengan  beberapa  analisis  dan  dapat  dipilih  mana  yang  dianggap  lebih  tepat  dan sesuai dengan kondisi perusahaan atau lembaga pegadaian.
Dari permasalahan yang telah diuraikan di atas tersebut, penulis  tertarik  untuk  mengadakan  sebuah  penelitian  dengan  judul  “PENERAPAN  STRATEGI  PROMOSI  KANTOR  PEGADAIAN  NUSUKAN SURAKARTA”.
 B.Rumusan Masalah.
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka permasalahan  yang  dapat  dirumuskan  dalam  penelitian  ini  adalah  sebagai  berikut  : .
“Bagaimana  penerapan  strategi  promosi  pada  Kantor  Pegadaian  Nusukan Surakarta ?.
C.Tujuan Penelitian.
Suatu penelitian pasti memiliki sebuah tujuan yang ingin dicapai  dari  dilakukannyasebuah  penelitian.Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  strategi  promosi  yang  tepat  dalam  menghadapi  persaingan pegadaian pada Kantor Pegadaian Nusukan Surakarta.
D.Manfaat Penelitian.
1. Pihak Pegadaian Bagi  pihak  pegadaian  hasil  penelitian  ini  dapat  digunakan  sebagai  bahan  informasi  dan  masukan  bagi  pihak  perusahaan  untuk  mengetahui  sejauh  mana  implikasi  yang  berdampak  dari  penerapan  strategi  pemasaran  yang  diterapkan  perusahaan  pada  pasar sasaran dan pesaing.
2. Bagi Penulis  Selain sebagai syarat menyelesaikan pendidikan, juga dapat  menambah  khasanah  ilmu  pengetahuan  bidang  ilmu  manajemen   pemasaran, dan melatih penulis untuk dapat menerapkan teori-teori  yang diperoleh dari perkuliahan.
3. Bagi Akademik Hasil  penelitian  ini  dapat  digunakan  sebagai  bahan  perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya.
E.Metodologi Penelitian.
1. Desain Penelitian.
a. Penelitian Lapangan.
Adalah penelitian dan pengamatan secara langsung serta  pencarian  data  yang  akan  digunakan  untuk menganalisa  hasil  observasi  yang  diperoleh  secara  langsung  dari  pihak  Kantor  Pegadaian Nusukan Surakarta.
b. Penelitian Kepustakaan.
Penelitian yang dilakukan dengan cara mencari data dan  membaca  buku-buku  literatur  yang  relevan  dengan  masalah  yang  diteliti  dalam  penelitian  ini  guna  menganalisa  dan  memecahkan  masalah  yang  diteliti  pada  kantor  pegadaian  Nusukan Surakarta.
 2. Objek Penelitian.
Objek  penelitian  adalah  kebijakan  pemasaran  dalam  hal  penerapan  strategi  promosi  dalam  menghadapi  persaingan  pegadaian  di  kantor  pegadaian  Nusukan  Surakarta.  Penelitian  ini  dilakukan dengan mengambil objek di Kantor Pegadaian Nusukan  Surakarta  yang  beralamat  di  Jalan  Majapahit  Utama  No.  32  Nusukan Surakarta.
3. Sumber Data.
a. Data primer.
Data  primer  merupakan  data  yang  diperoleh  secara  langsung  dari  pengamatan  langsung  dan  wawancara  yang  dilakukan  peneliti  di  tempat  yang  dijadikan  sebagai  objek  penelitian.
b. Data Sekunder.
Data  sekunder  merupakan  data  yang  secara  tidak  langsung  diperoleh  peneliti  melalui media  perantara,  yaitu  dari  sumber-sumber  tertulis  di  antaranya  :  artikel,  buku,  dan  datadata lain yang relevan dengan masalah yang diteliti.
4. Teknik Pengumpulan Data.
Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  meliputi  observasi, wawancara dan kepustakaan.
 a. Observasi .
Observasi  adalah  teknik  pengumpulan  data  dengan  mengamati  secara  langsunng  pada  tenpat  yang  dijadikan  sebagai  objek  penelitian  dan  mencatat  data-data  yang  relevan  dengan masalah yang diteliti.
b. Wawancara .
Wawancara  adalah  teknik  pengumpulan  data  yang  menggunakan  pertanyaan  secara  lisan  kepada  pihak yang  terkait dalam penelitian.
c. Kepustakaan .
Kepustakaan  adalah  teknik  pengumpulan  data  yang  menggunakan  buku-buku  atau  literatur  yang  relevan  dengan  permasalahan yang diteliti.
5. Analisa dan Pembahasan.
Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  kualitatif  dengan  pendekatan  deskriptif.Metode  kualitatif  adalah  penelitian  yang  dilakukan  pada  kondisi  obyek  yang  alami,  peneliti  sebagai  instrumen  kunci,  teknik  pengumpulan  data  dilakukan  secara  gabungan, data yang dihasilkan bersifat deskriptif dan analisis data  dilakukan  secara  induktif  dan  penelitian  ini  lebih  menekankan  makna daripada generalisasi (Sedarmayanti, Dkk. 2002: 33).
Analisa  dalam  pembahasan  tugas  akhir  ini  adalah  dengan  pendekatan  Diskriptif  kualitatif.  Deskriptif  adalah  penelitian  yang  memandu  peneliti untuk mengekplorasi dan atau memotret situasi  yang  akan  diteliti  secara  menyeluruh,  luas  dan mendalam  (Sugiyono,2008:289). Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan  tentang  pemasaran  jasa  pegadaian  pada  Kantor  Pegadaian  Nusukan Surakarta.

 Skripsi Ekonomi: Penerapan Strategi Promosi Kantor Pegadaian Nusukan Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi