Selasa, 11 November 2014

Skripsi Ekonomi: Persepsi pengunjung terhadap kualitas pelayanan uptd kawasan wisata Taman Balekambang Surakarta Diajukan Untuk Memenuhi Syarat-syarat Mencapai Gelar Ahli Madya

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  LATAR BELAKANG MASALAH.
Skripsi Ekonomi:  Persepsi pengunjung terhadap kualitas pelayanan uptd kawasan wisata Taman Balekambang Surakarta Diajukan Untuk Memenuhi Syarat-syarat Mencapai Gelar Ahli Madya
Di era globalisasi ini persaingan dan perkembangan dunia bisnis telah  membuat  dan  mendorong  berbagai  perusahaan  untuk  berlomba-lomba  merebut  dan  mempertahankan  pangsa  pasarnya.  Khususnya  di  sektor  pariwisata  yang  mengalami  pertumbuhan  sangat  pesat.  Pariwisata  merupakan industri jasa yang berperan penting dalam memberikan kontribusi  di  perekonomian  negara  dibandingkan  dengan  sektor  lainnya,  sehingga  memicu  berbagai  perusahaan  lainnya  untuk  bergerak  di  bidang  pariwisata.

Beragam budaya dan pariwisata Indonesia merupakan salah satu kekayaan  alam  yang  menjadikan  Indonesia menjadi  salah  satu  negara  kaya  di  dunia.
Keeksotisan  pariwisata  di  Indonesia  juga  menjadi  daya  tarik  tersendiri  bagi  turis Mancanegara.
Namun tidak dipungkiri bahwa persaingan diluar sana sangatlah ketat.
Perusahaan  harus  bisa  menemukan  strategi  yang  tepat  untuk  mencapai  keunggulan  yang  kompetitif  dengan  harapan  bisa  mempertahankan  pasar  dan  memenangkan  persaingan.  Perusahaan  harus  memberikan  pelayanan  yang  maksimal  kepada  pengunjung  dan  menghasilkan  kinerja  yang  sebaik    mungkin,  seperti  menjaga  etika  dan  tata  krama  saat  melayani  pengunjung  agar perusahaan tetap bertahan dan tidak mengecewakan pengunjung.
Kawasan Wisata Taman Balekambang merupakan salah  satu industri  jasa  yang  bergerak  dibidang  pariwisata  di  kota  Surakarta.  Kawasan Wisata  Taman  Balekambang  atau  yang  sering  disebut  Taman  Balekambang  ini  merupakan  sebuah  taman  yang  dibangun  Kanjeng  Gusti  Pangeran  Adipati  Aryo  (KGPAA)  Mangkunegara  VII.   Kanjeng  Gusti  Pangeran  Adipati  Aryo  (KGPAA)  Mangkunegara  VII  dikenal  pada  zamannya  sebagai  Raja  Mangkunegaran  yang  berkontribusi  banyak  terhadap  kelangsungan  kebudayaan Jawa. Beliau  membuat taman Balekambang sebagai tanda cinta  kepada  kedua  putrinya  yaitu  GRAy  Partini  Husein  Jayaningrat  dan  GRAy  Partinah Sukanto pada 26 Oktober 1921. Dulu taman ini dibagi dua area yaitu  Partini  Tuin  dan  Partinah  Bosch,  yang  sekarang  dikenal  sebagai  Taman  Balekambang.
Kualitas pelayanan jasa diketahui sangat berpengaruh terhadap tingkat  kepuasan  pengunjung.  Dengan  meningkatkan  pelayanan  jasa  maka  akan  memberikan rasa puas terhadap pengunjung dan merupakan hal yang sangat  penting bagi perusahaan itu sendiri. Kualitas pelayanan  yang diberikan oleh  para  staff  karyawan  UPTD  Kawasan  Wisata  Taman  Balekambang  tersebut  menggunakan  lima dimensi kualitas jasa yaitu  tangibles  (bukti fisik) meliputi peralatan  yang  memadai,  kesediaan  tempat  parkir  yang  luas,  dan    keberadaan letak lokasi strategis;  reliability  (keandalan) meliputi kesesuaian  pelaksanaan pelayanan sesuai dengan rencana, ketepatan waktu pelayanan  sesuai dengan janji yang diberikan;  responsiveness  (daya tanggap) meliputi  kesediaan  staff  karyawan  yang  selalu  membantu  pengunjung,  kejelasan  informasi  waktu  penyampaian  jasa,  kecepatan  dan  ketanggapan  pegawai  dalam  membantu  keluhan  pengunjung;  assurance  (jaminan)  meliputi  kesabaran staff karyawan dalam menghadapi pengunjung, rasa aman selama  berhubungan  atau  berurusan  dengan  staff  karyawan;  empathy  (empati)  meliputi  perhatian  yang  diberikan  staff  karyawan  terhadap  pengunjung,  pemahaman  akan  kebutuhan  pengunjung,  perhatian  staff  karyawan  secara  pribadi ke pengunjung.
Apabila jasa yang diterima sesuai yang diharapkan  pengunjung, maka  kualitas jasa di persepsikan memuaskan bagi pengunjung tersebut, tetapi jika  jasa tidak diterima atau tidak dirasakan sesuai yang diharapkan pengunjung,  maka kualitas jasa di persepsikan buruk.  Dengan adanya kepuasan tersebut,  pelanggan  akan  selalu  setia  berkunjung  dan  hasilnya  pelanggan  akan  loyal  terhadap  perusahaan  tersebut.  Kunci  utama  untuk  mempertahankan  pelanggan  agar  tetap  setia  dan  loyal  yaitu  memberikan  rasa  kepuasan  terhadap  pelanggan  dengan  demikian  pelanggan  akan  tertarik  untuk  berkunjung kembali. Dari uraian diatas maka saya tertarik untuk mengangkat  judul tersebut untuk penelitian saya selanjutnya.     B.  RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, rumusan masalah  yang  dapat  diambil  adalah  “Bagaimana  persepsi  dari  pengunjung  terhadap  pelayanan  dan  fasilitas  yang  diberikan  oleh  pihak  UPTD  Kawasan  Wisata  Taman Balekambang Surakarta?”.
C.  TUJUAN PENELITIAN.
Tujuan  yang  akan  dicapai  dari  penelitian  ini  yaitu  untuk  mengetahui  bagaimana persepsi dari pengunjung terhadap pelayanan dan fasilitas yang  diberikan pihak UPTD Kawasan Wisata Taman Balekambang Surakarta.
D.  MANFAAT PENELITIAN.
1.  Bagi Penulis Agar  dapat  menerapkan  ilmu  yang  telah  didapat  pada  saat  perkuliahan, dapat menjadi pedoman dalam pembuatan atau penyusunan  laporan  ilmiah,  dapat  memberikan  wawasan  bagi  peneliti  tentang  pelayanan  yang  diberikan  oleh  pihak  UPTD  Kawasan  Wisata  Taman  Balekambang  Surakarta  dan  presepsi dari  pengunjung terhadap  kualitas  pelayanan di UPTD Kawasan Wisata Taman Balekambang Surakarta.
  2.  Bagi Perusahaan Dapat  digunakan  untuk  bahan  pertimbangan  bagi  UPTD  Kawasan  Wisata  Taman  Balekambang  Surakarta  untuk  meningkatkan  kualitas  pelayanan  jasa  mereka  agar  dapat  memuaskan  pengunjung  serta  loyal  dan setia berkunjung di Kawasan Wisata Taman Balekambang Surakarta.
E.  METODE PENELITIAN.
1.  Desain Penelitian.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  dengan  menggunakan  metode  observasi  survei  dalam  mengumpulkan  data.  Metode  observasi  survei  merupakan  metode  pengumpulan  data  primer  yang  di  dapat  dari  sumber  datanya  langsung  (responden)  dan  menggunakan  instrumen  kuisioner  atau  dengan  wawancara  kepada  pengunjung  setia  Kawasan  Wisata Taman Balekambang Surakarta.
2.  Obyek Penelitian.
Penelitian  ini  dilakukan  di  UPTD  Kawasan  Wisata  Taman  Balekambang  Surakarta,  yang  berlokasi  di  Jalan  Balekambang  No.1  Manahan, Surakarta.
  3.  Sumber Data.
a.  Data Primer Data primer disebut  juga data asli atau data baru. Sumber datanya  langsung (responden) menggunakan pertanyaan lisan atau tertulis dan  menggunakan  instrumen  kuisioner  yang  diisi  langsung  kepada  pengunjung setia Kawasan Wisata Taman Balekambang Surakarta.
b.  Data Sekunder Sumber  data  yang  diperoleh  atau  dikumpulkan  peneliti  dari  berbagai  sumber  yang  telah  ada  (peneliti  sebagai  tangan  kedua).
Dalam  penelitian  ini  data  sekunder  diperoleh  dari  catatan  atau  dokumen-dokumen  yang  dimiliki  perusahaan  yang  berisi  antara  lain  sejarah  dan  perkembangan  perusahaan,  visi  dan  misi,  struktur  organisasi  dan  deskripsi  jabatan,  atau  sumber-sumber  lainnya.  Dan  bisa juga dari internet, perpustakaan, dan lainnya.
  4.  Populasi, Sampel, dan Tehnik Sampling.
a.  Populasi Populasi adalah keseluruhan unit atau individu dalam ruang lingkup  dan waktu yang ingin diteliti.  Populasi dalam penelitian ini adalah para  pengunjung yang pernah datang di Taman Balekambang Surakarta.
b.  Sampel Sampel  adalah  sebagian  dari  observasi  yang  dipilih  dari  populasi  dengan  menggunakan  prosedur  tertentu  sehingga  diharapkan  dapat  mewakili populasi.
c.  Tehnik Sampling Tehnik  Sampling  adalah  tehnik  yang  digunakan  untuk  menyeleksi  atau  memfokuskan  pada  permasalahan  agar  pemilihan  sampel  lebih  mengarah  pada  tujuan  penelitian.  Tehnik  pengambilan  sampel  menggunakan  metode  convenience  sampling,  pengambilan  sampel  dengan  memilih  sampel  dari  elemen  populasi  yang  ditanya  mudah  diperoleh, peneliti mempunyai kebebasan untuk memilih sampel yang  cepat dan mudah ditemui serta dapat memberikan keterangan dengan  baik.  Sampel  yang  diambil  dari  penelitian  ini  yaitu  pengunjung    Kawasan  Wisata  Taman  Balekambang  dengan  jumlah  sampel  yang  ditentukan langsung yakni 100 responden.
5.  Tehnik Pengumpulan Data.
Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penulisan Tugas Akhir ini,  penulis menggunakan tehnik sebagai berikut :.
a.  Kuisioner Kuisioner  adalah  suatu  daftar  pertanyaan  yang  bertujuan  untuk  mengetahui  persepsi  pengunjung  terhadap  kualitas  pelayanan  yang  diberikan  di  UPTD  Kawasan Wisata  Taman  Balekambang  Surakarta.
Adapun  pertanyaan  yang  diajukan  kepada  responden  terdiri  dari  pertanyaan  umum  berisi  mengenai  klasifikasi  responden,  dan  pertanyaan  khusus  mengenai  kualitas  pelayanan  di  UPTD  Kawasan  Wisata Taman Balekambang Surakarta.
b.  Wawancara Wawancara  merupakan  tehnik  pengumpulan  data  dalam  metode  survei  melalui  daftar  pertanyaan  secara  lisan  terhadap  responden.
Dalam penelitian ini penulis melakukan wawancara untuk mengetahui  informasi  mengenai  UPTD  Kawasan  Wisata  Taman  Balekambang  Surakarta dengan beberapa pengunjung.
c.  Studi Pustaka Metode  ini  memperoleh  data  dengan  mengambil  beberapa  buku  sebagai  bahan  referensi  penulisan  laporan  ini.  Buku  yang  dijadikan  referensi  yakni  buku-buku  yang  berkaitan  dengan  masalah  yang  diangkat dalam penulisan laporan ini.
6.  Tehnik pembahasan Dalam  melakukan  penelitian  ini  peneliti  menggunakan  tehnik  analisis  deskriptif,  yaitu  tehnik  untuk  membuat  gambaran mengenai  suatu  obyek  yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi yang berhubungan  dengan  penilaian  konsumen.  Analisis  ini  tidak  memerlukan  perhitungan  secara sistematis dan dilaksanakan dengan melihat hasil tabel atau angka  atas pertanyaan yang diajukan kepada responden dari hasil penyebaran  kuisioner.

 Skripsi Ekonomi:  Persepsi pengunjung terhadap kualitas pelayanan uptd kawasan wisata Taman Balekambang Surakarta Diajukan Untuk Memenuhi Syarat-syarat Mencapai Gelar Ahli Madya

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi