Selasa, 25 November 2014

Skripsi Ekonomi: Strategi Memasuki Pasar Global Pada Pt. Dewi Samudra Kusuma

 BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang.
Skripsi Ekonomi: Strategi Memasuki Pasar Global Pada Pt. Dewi Samudra Kusuma
Dengan  komunikasi,  transportasi,  dan  aliran  keuangan  yang  lebih  cepat,  dunia  seakan  mengecil  dengan  cepat.  Produk  dan  jasa  yang  dikembangkan  dalam  suatu  Negara  mendapatkan  penerimaan  antusiasdi negara lain. Seorang pebinis Jerman mungkin mengenakan  busana  Italia  untuk  bertemu  dengan  teman-temannya  dari  Inggris  di  restoran  Jepang,  yang  kemudian  pulang  ke  rumah  dan  minum  minuman dari Rusia sambil menonton TV  acara dari Korea. Semakin  banyak  Negara  yang  semakin  menjadi  multibudaya.  Kebutuhan  perusahaan harus dapat melintasi batasan di dalam dan di luar Negara  mereka.  Jadi  keputusan  yang  paling  mendasar  dalam  situasi  seperti  ini,  adalah  bagaimana  meninjau  dan  memutuskan  keputusan  utama  dalam memperluas usaha ke pasar global (Kotler.2009.313).

Dunia  kini  mengalami  era  baru  yang  ditandai  dengan  kecenderungan  globalisasi  dunia  sebagai  akibat  semakin  banyaknya  negara yang  melaksanakan  liberalisasi  ataureformasi  ekonomi  yang  ditunjang pula dengan majunya teknologi komunikasi dan transportasi.
Globalisasi  telah  mengubah secara  drastis  pola  produksi  dari perusahaan-perusahaan  multinasional,  yang  semula  berupaya   memproduksi semua kebutuhannya menjadi spesialisasi produk, yaitu  hanya memproduksi  komponen  atau bagian tertentu saja,  sedangkan  komponen  atau  bagian  lainnya  diproduksi  oleh  perusahaanperusahaan  lain  yang  bertindak  sebagai  pemasok  sehingga  terjadi  internasionalisasi  produksi (Sastrowardoyo,  1994  dalam  Tjiptono.2008.325).
Industri garmen  telah  menjadi  salah  satu industri andalan  nasional  sejak  jaman  orde  baru  hingga  orde  reformasi  saat  ini  yang  memberikan  banyak  manfaat.Industri ini  telah  menjadi  salah  satu  andalan ekspor nasional dan menghasilkan devisa yang berlipat ganda  bagi negara  dan memberikan pajak  yang besar  bagi negara.  Industri garmen  menyerap  banyak  tenaga  kerja,  karena industri ini  bersifat  padat  karya  yang  mana  akan  mengurangi  angka  pengangguran  di  negeri ini.
Industri  garmen  di  Indonesia  kian  lama  kian  berkembang  dikarenakanprofit yang diterima menjanjikan, maka terjadi persaingan  yang ketatdidalam industritekstil. Industri garmen di Indonesia selain  memasukipasar  lokal, sekarang  ini  sudah  banyak  yang  mencapai  pasar  internasional atau  pasar  global melalui  ekspor  dan  impor.
Indonesia  memiliki  kualitas  yang  lebih baik  dibandingkan  dengan  garmen asing, sehingga banyak diminati oleh beberapa negara tujuan  ekspor,  seperti  Amerika,  Eropa  dan  Arab. Permintaan  akan  produk  garmen  Indonesia  tidak  mengalami  penurunan  secara  drastis   meskipunakhir-akhir  ini  harga  produk  garmen  Indonesia  kalah  bersaing  dengan  produk  Cina.  Ini  menunjukkan  bahwa  posisi  penawaran  produk  garmen  Indonesia  sangat  kuat  dimata  konsumen  asing.
Berkembangnya  berbagai peluang  bisnis saat  ini,  membuat  persainganjuga semakin meningkat. Berbagai strategi dilakukan para  pelaku  usaha,  untuk  memasarkan  produknya  agar  tidak  tenggelam  ditengah persaingan yang ada di pasar dalam negeri. Masukke pasar  global, merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan para pelaku  usaha  untuk  memperluas  jangkauan  pemasaran,  namun  untuk  memasuki pasar global tidak mudah, karena strategi pemasarandi luar  negeri berbeda dengan pemasaran bisnis di pasar lokal.
PT.  Dewi  Samudra  Kusuma  adalah  salah  satu  perusahaan  garmen  di  Solo  yang mencoba  masukke  dunia  global  atau  pasar  internasional  pada  tahun 1990.  Setiap  perusahaan  mempunyai  cara  tersendiri  dalammemasuki  pasar  global,  seperti  yang  di  kemukakan  oleh Kotler  “  setelah  perusahaan  memutuskan menjual  produknya  di  pasar luar negeri, perusahaan harus menentukan caramasuk terbaik.
Pilihannya dalah mengekspor, joint venture, dan investasi langsung.” Kita ketahui bahwa tidak mudah dalam memasuki dunia global,  banyak langkah dan trik yang perlu kita lakukan supaya kita tidak salah  sasaran dan gagal daam memasuki pasar global. Setiap perusahaan  pasti  memiliki  cara  atau  strategi  tersendiri  dalam  memasuki  pasar   global,disini saya akan menggambarkan bagaimana strategi PT. Dewi  Samudra  Kusuma  dalam  memasuki  pasar  global  dan  hambatanhambatan yang dihadapi dalammemasuki pasar global.
Berdasarkan  uraian tersebut maka  judul  tugas akhir  ini adalah  “STRATEGI  MEMASUKI  PASAR  GLOBAL  PT.  DEWI  SAMUDRA  KUSUMA”.
B.Perumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  masalah tersebut maka  yang  menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah :.
1. Bagaimana strategi  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma  dalam  memasuki pasar global?.
2. Apa  hambatan–hambatan  yang  dihadapi  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma dalam memasuki pasar global?.
C.Tujuan Penelitian.
Berdasarkan  latar  belakang  dan  rumusan  masalah  yang  dikemukakan diatas, makatujuan dari penelitian ini adalah :.
1. Untuk  mengetahui  bagaimana  strategi  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma dalam memasuki pasar global.
 2. Untuk  mengetahui  apakah  masalah–masalah  atau  hambatan  yang  dihadapi  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma  dalam  memasuki  pasar global.
D.Manfaat Penelitian.
1. Bagi Penulis Penulisan  ini  dapat  digunakan  sebagai  sarana  penerapan  ilmu  yang  telah  diperoleh  di  bangku  kuliah. Selain  itu,  dapat  digunakan sebagai penambah wawasan di bidang pemasaran.
2. Bagi Praktisi Penulisan  ini  dapat  dijadikan  sebagai bahan masukan  bagi  perusahaan  tentang  strategi  memasuki  pasar  global.  Selain  itu,  penulisan  ini  bisa  memberi  masukan  dalam  menemukan  solusi  hambatan yang dihadapidalam memasuki pasar global.
3. Bagi Akademisi Penelitian  ini  bisa  memberikan  informasi  mengenai  penelitian tentang strategi memasuki pasr global. Penulisan ini juga  bisa menjadi  bahan  referensi  bagi  peneliti-peneliti  selanjutnya  dengan topikyang sama.
 E.Metode Penelitian.
1. Desain Penelitian.
Desain  Penelitian  yang  digunakan  dalam  Penelitian  ini  adalah  desain studi kasus yaitu,  dengan membuat gambaran  atau mendeskripsikan  suatu  permasalahan  tertentu  serta  mendapatkan  jawaban  atas  permasalahan  yang  diteliti  yaitu strategi  memasuki  pasar global PT. Dewi Samudra Kusuma.
2. Lokasi Penelitian.
Penelitian  ini  diadakan  di  perusahaan  garmen  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma  yang  beralamatkan  di  Jl.  Tegalmulyo  21,  Sondakan, Solo, Jawa Tengah.
Telepon : (0271) 716364.
Fax : (0271) 712908.
E-mail : Imelda@dskusuma.com.
3. Sumber Data.
Sumber  data  penelitian  diperoleh  dari  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma.
a. Data Primer.
Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung  dari  sumbernya, diamati  dan  dicatat pertama kali oleh  penulis.
 Data  yang  dimaksud  adalah  data  tentang   strategi  memasuki  pasar global.
Perolehan  data  mengenai  strategi  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma  dalam  memasuki  pasar  global  diperoleh  melalui  wawancara  langsung dan  observasi  terhadap  pihak  perusahaan.
b. Data Sekunder.
Sumber  data  sekunder merupakan  data  yang  telah  dikumpulkan  oleh  pihak  lain,  atau  memintadata  tersebut  ke  pihak lain,dan bukan oleh peneliti itu sendiri. Ini berarti bahwa  peneliti  hanya  sekedar  mencatat,  mengakses,  atau  meminta  data  tersebut  ke  pihak  lain  yang  telah  mengumpulkan  di  lapangan. Data sekunder biasanya didapat penulis dari laporan  orang lain, internet, maupun buku-buku referensi yang berkaitan  dengan masalah penelitian tersebut.
4. Teknik Pengumpulan Data.
Pengumpulan  data  didapat  dengan  mencari  literaturdari  berbagai sumber yang berhubungan dengan permasalahan dengan  tujuan  untuk  mengetahui  teori-teori  yang  mendasari  penulisan  tugas akhirini.
 Metode  yang  digunakan  dalam  pengumpulan  data  yang  akan diolah adalah:.
a. Metode wawancara.
Metode  wawancara  adalah  pengumpulan  data  yang  dilakukan  dengan  cara  mengajukan  beberapa  pertanyaan  langsung kepada narasumber yaitu Pembimbing Institut Magang  dan  bagian  marketing  di  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma  untuk  memperoleh informasi yang dibutuhkan.
b. Metode Observasi.
Metode  observasidilakukan  dengan  cara  mengadakan  pengamatan langsung  keperusahaan  untuk mendapatkan  data  yang diperoleh.Pengamatan dilakukan pada saat magang kerja  dilaksanakan.
c. Metode Studi Pustaka.
Metode studi pustaka adalah  metode pengumpuan data  dengan  cara menggunakan  buku-buku  referensi  dan  keperpustakaan  lain  yang  berhubungan  dengan masalah  yang  diteliti agar mendapat gambaran dan pengertian secara teoritis.
Teknik ini dilakukan paling awal untuk mengimpun pengetahuan  dari berbagai sumber yang menuliskan tentang pasar global.
 5. TeknikAnalisisData.
Penelitian  inimenggunakan  metode  analisis  data  berupa  studi  deskriptif,  yaitu  dengan  mengimplementasikan  semua  data  berupa  gambaran  dan  penjelasan  keadaan  yang  sebenarnya,  keseluruhan objek yang diteliti dan dengan pengamatan mengenai  segala aspek yang ada dalam PT. Dewi Samudra Kusuma.
Data  dianalisis  dengan  cara  menguraikan  pokok  bahasan  yang  diteliti  yaitu strategi  memasuki  pasar  global  yang  diterapkan  PT. Dewi  Samudra  Kusumasehingga  akan  menghasilkan  pada  kesimpulan  strategi  apa  yang  dilakukan  PT.  Dewi  Samudra  Kusuma  dalam  memasuki  pasar  globaldan  hambatan  apa  yang  dihadapi.

 Skripsi Ekonomi: Strategi Memasuki Pasar Global Pada Pt. Dewi Samudra Kusuma

Download lengkap Versi PDF

1 komentar:

  1. Kami dari PT TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id

    BalasHapus

pesan skripsi