Senin, 10 November 2014

Skripsi Ekonomi: Strategi optimalisasi petugas pemasar pada pt. bank negara indonesia (persero) tbk. kantor cabang utama Surakarta

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang Penelitian.
Skripsi Ekonomi: Strategi optimalisasi petugas pemasar pada pt. bank negara indonesia (persero) tbk. kantor cabang utama Surakarta
Sumber Daya Manusia merupakan suatu permasalahan yang menjadi sorotan  serta  acuan  utama  bagi  suatu  perusahaan  untuk  tetap  bertahan  dan  mengembangkan produk serta kualitas terbaiknya di era globalisasi ini. Selain itu,  Sumber  Daya  Manusia  (SDM)  juga  merupakan  faktor  utama  dalam  suatu  organisasi. Apapun bentuk dan tujuanya suatu organisasi dalam suatu perusahaan  dibuat  berdasarkan  berbagai  visinya  untuk  kepentingan  masyarakat  dan  dalam  pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Manusia disini merupakan  faktor strategis dalam kegiatan institusi atau organisasi.

Sebelum  masuk  ke  dalam  pembahasan  yang  lebih  lanjut,  maka  perlu  dimengerti  lebih  dulu  mengenai  definisi  dari  sumber  daya  manusia  itu  sendiri.
Sumber daya manusia adalah suatu potensi yang terkandung dalam diri manusia  untuk  mewujudkan  perannya  sebagai  makluk  sosial  yang  membaur  dan  trampil  sehingga  mampu  mengelola  dirinya  sendiri  serta  seluruh  potensi  yang  dimiliki  untuk  mencapai  kesejahteraan  masyarakat  umum  yang  berkesinambungan  dan  seimbang. Definisi lain sumber daya manusia adalah potensi yang ada pada diri    manusia yang dapat dibedakan ke dalam 2 aspek kuantitatif dan aspek kualitatif.
Aspek  kuantitatif  menyangkut  jumlah  sumber  daya  manusia(penduduk),  sedangkan  aspek  kualitatif  sumber  daya  manusia  menyangkut  kemampuan  fisik  maupun non fisik. Kualitas fisik berhubungan dengan gizi dan kesehatan jasmani.
Kualitas  non  fisik  dapat  dimaksudkan  adalah  semua  kemampuan,  ketrampilan,  kecakapan  dan  penguasaan  berbagai  ilmu  pengetahuan  dan  tehnologi.  Kedua  aspek tersebut tidak bisa berdiri sendiri namun saling melengkapi satu sama lain.
Pada  suatu  perusahaan  sumber  daya  manusia  berpengaruh  kuat  dalam  suatu  pemasaran.  Kegiatan pemasaran selalu ada dalam setiap  usaha, baik usaha yang  beriorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Pentingnya pemasaran dilakukan  dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk  atau  jasa.  Pemasaran  juga  dapat  dilakukan  dalam  rangka  menghadapi  pesaing  yang dari waktu ke waktu semakin meningkat.
Sekarang  ini  fungsi  pemasaran  bagi  suatu  perusahaan  memegang  peranan yang  sangat  vital  untuk  pencapaian  tujuan  perusahaan.  Eksistensi  perusahaan  apalagi yang berorientasi akhir untuk mendapatkan laba dan citra yang maksimal  sangat  ditentukan  oleh  fungsi  pemasaran.  Fungsi  pemasaran  salah  satunya  merupakan bagian pokok suatu perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan  hidup suatu perusahaan.      Namun  seiring  dengan  tuntutan  pasar,   fungsi  pemasaran  modern  atau  paragdima  pemasaran  telah  bergeser.  Kegiatan  pemasaran  tidak  sekedar  hanya  menciptakan  hubungan  yang  saling  memberikan    keuntungan  saja,  namun  juga  telah  beralih  fungsi  menjadi  alat  bagi  perusahaan  untuk  menjalin  relationship dengan pelanggannya demi terciptanya loyalitas hingga kepuasan pelanggan.
Perkembangan  dalam  dunia  usaha  yang  semakin  cepat  yang  diiringi  dengan  perubahan  perilaku  pelanggan  menuntut  suatu  perusahaan  untuk  merespon kebutuhan  pasar  atau  pelanggan.  Masalah  dasar  yang  dihadapi  perusahaanperusahaan saat ini adalah bagaimana perusahaan tersebut menarik pelanggan dan  mempertahankanya  agar  perusahaan  tersebut  dapat  bertahan  dan  berkembang, tujuan  tersebut  akan  tercapai  apabila  fungsi  pemasaran  sebagai  alat  untuk  membangun  relationship  dengan  pelanggannya  berjalan  dengan  efektif  tidak  sekedar hanya bertujuan menguntungkan salah satu pihak.
Perkembangan industri jasa termasuk perbankan  saat ini juga dituntut untuk  terus menyesuaikan diri dengan tuntutan dan kebutuhan pasar. Fungsi pemasaran  dalam dunia perbankan  memiliki tujuan untuk membangun loyalitas dengan terus  berinovasi menyediakan seluruh solusi keuangan nasabah melalui satu pintu (one  stop  banking). Keuntungannya  bank dapat mengikat nasabah untuk menggunakan  semua produk yang dimilikinya sehingga loyalitas dapat terbangun.
  Salah satu bank yang saat ini terus melakukan inovasi dan perubahan terhadap  semua  produk,  jasa,  dan  layanan  adalah  BNI.  Sebagai  bank  milik  pemerintah  tidak  ingin  terjebak  dalam  pandangan  masyarakat  sebagai  institusi  negara  yang masih tradisional yang sering dianggap kurang responsif  dengan kebutuhan pasar.
Oleh karena itu inovasi apa saja  yang dilakukan oleh bank pelat merah tersebut  dalam menghadapi persaingan pasar perbankan Indonesia akan menjadi  bahasan  dalam  penulisan  penelitian  singkat  ini,  khususnya  penelitian  terhadap  strategi  pemasaran.  Pembahasan  akan  difokuskan  terhadap  optimalisasi  startegi  petugas  pemasar BNI.
Perubahan  yang  terus  dilakukan  BNI  untuk  optimalisai  petugas  pemasar  menjadi satu paket dengan diluncurkannya program BNI Reformasi 1.0 (BRF) .
BNI Reformasi adalah nama sebuah progam transformasi yang sedang berjalan di  BNI  dan  BNI  KCU  Surakarta  sebagai  salah  satu  cabang  operasional  juga  menerapkan kebijakan yang telah dirumuskan oleh Direksi tersebut.
Program  BNI  Reformasi  tersebut  berdurasi  jangka  panjang  yang  berisi  inisiatif  perkembangan,  perbaikan  strategi  bisnis  dan  operating  model  dengan  tujuan  akhir  berupa  produk  layanan  dan  solusi  memuaskan  nasabah.  Program  transformasi  bisnis  sebelumnya  berorientasi  produk  centric  atau  terpusat  pada  produk saja menjadi lebih  customer centric  atau lebih menggali pada kebutuhan    konsumen.  Program  tersebut  saat  ini  telah  konsisten  dilaksanakan  di  BNI  KCU  Surakarta.
Tujuan  yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan BNI KCU  Surakarta  dalam   memberikan  solusi  kebutuhan  perbankan  kepada  nasabah  dan  memperkuat  daya  saing  serta  fokus  bisnis  khususnya  di  Wilayah  Operasional  Kota Surakarta dan sekitarnya.
Adapun  sasaran  BNI  Reformasi  1.0  adalah  Area  BNI  Reformasi  1.mencakup  seluruh  aspek  bisnis  secara  terintregasi  dan  menyeluruh.  Cakupan  BNI  Reformasi  1.0  diantaranya  memperbaiki  pengelolaan  sumber  daya  manusia,  proses  kerja, organisasi, strategi perusahaan, pengukuran resiko bisnis, pengukuran kinerja, dll. Program BNI Reformasi 1.0 mencakup delapan work stream besar yaitu Businnes  Banking,  Consumer  dan  retail  network,  service,  treasury  dan  internal,  operation,  information teknologi, enterprise risk management financial dan human capital.
Tujuan diluncurkannya BNI Reformasi 1.0 adalah :  1.  Untuk  memperbaiki  kondisi  internal  BNI  sebagai  upaya  menjawab  tantangan pasar.
2.  Mempertajam strategi BNI sehingga menjadi lebih fokus.
3.  Mempertajam strategi tiap unit bisnis.
  4.  Membangun operatyng model  yang lebih jelas dan sesuai dengan customer  centric model.
Semangat Reformasi BNI yang diimbangi dengan sistem pengelolaan tenaga  sales  yang  berorientasi  pada  kebutuhan  nasabah  (customer  centric).  Tujuanya  adalah  agar  setiap  segmen  nasabah  atau  institusi  dapat  dioptimalkan  untuk  penggunaan  produk  BNI  secara  maksimal.  Hal  ini  sesuai  dengan  harapan  BNI  agar menjadi pilihan utama nasabah sebagai  life time banking partner  atau mitra  nasabah yang memenuhi semua kebutuhannya. Pembagian pengelolaan nasabah  dana di BNI Surakarta dibagi sesuai dengan segmentasi nasabah menurut kriteria  tertentu.  Sales  di  BNI  Surakarta  dikenal  dengan  tugas  utama  dilihat  dari  pendekatanya yaitu : 1.  Akuisisi dan retensi (intensifikasi) yaitu pengelolaan nasabah yang sudah ada  2.  Ekstensifikasi nasabah yaitu strategi mendapat nasabah baru Dua  pendekatan  di  atas  menyebabkan  pembagian  tenaga  sales  BNI  KCU  Surakarta menjadi : 1.  Sales Hunter 2.  Sales Farmer , yang dapat di kategorikan sebagai berikut: a.  CRO (Customer Relationship Officer) b.  PBA (personal Banking Officer)    c.  IBO/IBC (Institusional Banking Officer) Berdasarkan  latar  belakang  diatas  maka  penulis  bermaksud  mengadakan  penelitian dengan judul “Strategi Optimalisasi Petugas Pemasar pada PT. Bank  Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta”.
B.  Rumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  masalah  tersebut  di  atas,  peneliti  mencoba  mengidentifikasi permasalahan sebagai berikut:.
1.  Bagaimana  Profil  pemasar  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang Utama Surakarta? .
2.  Bagaimana  strategi  segmentasi  dan  pengelolaan  nasabah  Pemasar  PT.  Bank  Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta?.
3.  Hambatan  apa  saja  yang  dihadapi  oleh  pemasar  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta?.
C.  Tujuan Penelitian.
1.  Untuk  mengetahui  Profil  Pemasar  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk.
Kantor Cabang Utama Surakarta.    2.  Untuk  mengetahui  strategi  segmentasi  dan  strategi  pengelolaan  nasabah  Pemasar  PT.  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk.  Kantor  Cabang  Utama  Surakarta.
3.  Untuk mengetahui hambatan apa saja  yang dihadapi  oleh  petugas  pemasar PT.
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Surakarta.
D.  Manfaat Penelitian.
Beberapa  manfaat  yang  diharapkan  dari  terlaksananya  penelitian  ini  adalah  sebagai berikut :.
1.  Bagi peneliti, penelitian ini diharapkan bisa digunakan untuk menerapkan ilmu  yang telah didapat di bangku kuliah ke dunia usaha yang sebenarnya.
2.  Bagi  pihak  perusahaan,  penelitian  ini  diharapkan  bisa  memberikan  masukan  agar  mendukung  perkembangan  perusahaan  yang  berkaitan  dengan  strategi  optimalisasi petugas pemasar .
3.  Bagi  masyarakat,  penelitian  ini  diharapkan  bisa  menambah  pengetahuan  tentang dunia perbankan di Indonesia.

 Skripsi Ekonomi: Strategi optimalisasi petugas pemasar pada pt. bank negara indonesia (persero) tbk. kantor cabang utama Surakarta

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi