Selasa, 11 November 2014

Skripsi Ekonomi: Strategi Pemasaran Ekspor Cv Tunas Jaya Di Sukoharjo

  BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar belakang masalah.
Skripsi Ekonomi: Strategi Pemasaran Ekspor Cv Tunas Jaya Di Sukoharjo
Dalam  era  globalisasi  ini  banyak  negara  yang  melakukan  reformasi  ekonomi ditunjang dengan majunya ilmu dan teknologi komunikasi. Kemajuan ini  memberikan  dampak  kepada  perusahaan  swasta  untuk  berkompetisi  memasarka  produknya ke berbagai negara di dunia. Dalam  kondisi demikian, para pelaku  ekonomi, terutama para eksportir, dituntut untuk selalu meng-update kemampuan  dan  pengetahuannya  untuk  mengikuti  berbagai  perkembangan  yang  ada,  dalam  rangka menerapkan  langkah-langkah antisipasi terhadap berbagai perkembangan  actual yang mempengaruhi kelancaran bisnis mereka (Manalop tandjung, 2011).

Kegiatan  ekspor  impor pada  hakikatnya  adalah  kegiatan  jual  beli  biasa.
Aktivitas menjual barang ke orang asing (bangsa asing, negara asing)  kita sebut  dengan kegiatan ekspor. Sebaliknya aktivitas pembelian dari orang asing (bangsa  asing, negara asing) kita sebut dengan impor. Ringkasnya, kegiatan ekspor-impor  identik  dengan  kegiatan  jual  beli  biasa.  Bedanya  hanyalah  dilakukan  dengan  bangsa lain, dibayar dengan valuta asing, dan terpaksa menggunakan bahasa asing  dalam berkomunikasi.
CV.  Tunas  Jaya  merupakan  perusahaan  ekspor, perusahaan  ini  telah  banyak  mengekspor  mebelnya  ke  beberapa  negara  seperti  Australia  dan  Eropa.
  Dikarenakan persaingan  yang  sangat  ketat dalam  penjualan  produk mebel  maka  CvV. Tunas Jaya harus memiliki strategi pemasaran yang baik agar bisa bersaing  di pasar internasional.
Untuk  itu  berdasarkan  uraian  diatas,  maka  penulis  ingin  mengetaui  strategi  pemasaran yang dilakukan CV. Tunas Jaya dalam menembus pangsa pasar ekspor  dan mengangkat obyek penelitian ini menjadi pokok permasalahan yang berjudul  “ STRATEGI PEMASARAN EKSPOR PADA CV. TUNAS JAYA”.
B. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai  berikut:.
1.  Bagaimana Strategi  Pemasaran Ekspor yang diterapkan CV. Tunas Jaya?.
2.  Apa  peranan  internet  pada  CV.  Tunas  Jaya  dalam  Strategi  Pemasaran  Ekspor?.
3.  Hambatan  apa  saja  yang  dialami  CV  Tunas  Jaya  dalam  memasarkan  produknya?.
C. Tujuan Penelitian.
Tujuan peenelitian ini adalah sebagai berikut: .
  1.  Untuk  mengetahui  dan  memahami  Strategi  Pemasaran  yang  diterapkan  oleh CV. Tunas Jaya.
2.  Untuk mengetahui peranan  internet pada CV.  Tunas Jaya dalam Strategi  Pemasaran Ekspor.
3.  Untuk  mengetahui  hambatan-hambatan  yang  dialami  CV.  Tunas  Jaya  dalam Strategi Pemasaran Ekspor.
D. Manfaat Penelitian.
1. Bagi Perusahaan Memberikan  masukan  mengenai  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  Strategi  Pemasarn yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi 2. Bagi penulis Untuk memperoleh gelar ahli madya Managemen Perdagangan.
3. Bagi Mahasiswa dan Pembaca lainnya Untuk  menambahkan  referensi  bacaan  dan  informasi  khusus  bagi  mahasiswa  jurusan  Managemen  Perdagangan  yang  sedang  menyusun  Tugas Akhir dengan pokok permasalahan yang sama.
  E. Metode Penelitian.
Suatu penelitian  pada  dasarnya  adalah  bagian  mencari  dan mendapatkan  data  untuk  selanjutnya  dilakukan  penyusunan  dalam  bentuk  laporan  hasil  penelitian.  Supaya  proses  tersebut  dapat  berjalan  lancar  serta  hasilnya  dapat  dipertanggungjawabkan secara ilmiah, maka diperlukan metode penelitian.
Metode  penelitian  menegmukakan  secara  tertulis  tata  kerja  daqri  suatu  penelitian. Metode ini meliputi:.
1.  Ruang lingkup Penelitian.
Metode yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  analisis  deskriptif,  yaitu  mencari  gambaran  umum  kegiatan  kemudian  dianalisa  secara mendalam dan terperinci dengan memfokuskan pada satu masalah.
2.  Sumber Data.
a.  Jenis data.
1.  Data primer Yaitu  data  yang  diperoleh  langsung  dari  pbyek  penelitian  yaitu  dengan wawancar langsung dengan karyawan CV. Tunas Jaya .
2.  Data sekunder Merupakan data pendukung yang diperoleh dari sumber lain yang  bberkaitan  dengan  penelitisn.  Data  ini  didapat  dari  buku-buku  sumber referensi yang berhubungan dengan penulisan Tugas Akhir  ini.
b.  Metode Pengumpulan Data.
1.  Wawancara    Merupakan  teknik  pengumpulan  data  dengan  cara  Tanya  jawab  langsung  yang  dilaksanakan  dengan  tatap  muka  dengan  pihak  perusahaan CV. Tunas Jaya 2.  Studi Pustaka Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari bukubuku referensi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
3.  Observasi Teknik  pengumpulan  data  ini  dilakukan  dengan  cara  mengadakan  pengamatan  secara  langsung  mengenai  kegiatan  yang  dilakukan  CV.
Tunas Jaya.
F. Sumber Data.
1. Sumber Data Primer Yaitu data yang diperoleh dari sumbernya. Data ini diperoleh dengan cara  wawancara  langsung  dengan  CV.  Tunas  Jaya  bagian  ekspor  dan  staff/karyawan CV. Tunas Jaya 2.Sumber Data Sekunder Yaitu  data  pendukung  yang  diperoleh  dais  umber  lain  yang  berkaitan  dengan  penelitian.Data  ini  penulis  peroleh  dari  buku  maupun  sumber  bacaab lain, misalnya perpustakaan, kumpulan makalah prosedur ekspor  san data-data lainnya yang mendukung penelitian.

 Skripsi Ekonomi: Strategi Pemasaran Ekspor Cv Tunas Jaya Di Sukoharjo

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi