Rabu, 12 November 2014

Skripsi Ekonomi: Strategi Relationship Marketing Pada Pt Calmic Sebagai Upaya Mempertahankan Pelanggan

  BAB 1.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Masalah .
Skripsi Ekonomi: Strategi Relationship Marketing Pada Pt Calmic Sebagai Upaya Mempertahankan Pelanggan
Persaingan  bisnis  yang  sangat  tajam  saat  ini  menjadi  tantangan  bagi  suatu  perusahaan  untuk  tetap  berada  dalam  persaingan.  Setiap  perusahaan  mengharapkan  agar  perusahaannya   semakin  berkembang  dalam  persaingan  bisnisnya.  Dengan  adanya  harapan  perusahaan  yang  diinginkan  maka  dari  itu  perusahaan  harus  mempunyai  strategi  pemasaran  yang  dapat  membuat  perusahaannya tetap berkembang dan semakin diminati konsumen. Strategi yang  dapat  dilakukan  perusahaan  yaitu  dengan  menciptakan  konsumen  yang  loyal  terhadap satu produk serta mempertahankan hubungan baik dengan konsumen.

Seorang  konsumen  merupakan  aset  jangka  panjang  dalam  perusahaan,  karena  apabila  peminat  konsumen  semakin  berkurang  maka  sangat  berpengaruh  dan  dapat   mengakibatkan  kerugian  dalam  perusahaan.  Membuat  konsumen  agar  memakai  dan  menkontrak  produk  yang  kita  tawarkan  merupakan  salah  satu  tantangan  yang  besar,  sehingga  strategi  relationship  marketing  dirasa  berbeda  dari para pesaing.
Kotler (2003:171) mengemukakan bahwa relationship marketing adalah  sebuah  gerakan dari  pola  pikir yang  semata-mata berlandaskan  pada kompetisi  dan  konflik,  kearah  pola  pikir  yang  berlandaskan  hubungan  saling  ketergantungan  yang  saling  menguntungkan  dan  kerjasama.  Relationship Marketing mengakui pentingnya berbagai pihak, antara lain : pemasok, pegawai,  distributor, agen, dan pengecer untuk bekerjasama  memberikan nilai-nilai yang    terbaik  bagi  sasaran  pelanggan.  Beberapa  karakteristik  relationship  marketing  menurut kotler (2003:172) adalah sebagai berikut:  1.  Memfokuskan diri pada para partner dan pelanggan dan bukannya pada produkproduk yang dihasilkan perusahaan 2.  Memberikan  penekanan  terhadap  bertahannya  dan  pertumbuhan  pelanggan  daripada perolehan pelanggan baru  3.  Mengandalkan kerja tim-tim yang terdiri atas berbagai fungsi dalam perusahaan  daripada kerja yang dilakukan ditingkat departemen  4.  Mengandalkan lebih banyak mendengarkan dan belajar dibandingkan berbicara Oliver dalam Tjiptono (2000:94) mencoba memberikan definisi loyalitas sebagai  komitmen  yang  dalam  untuk  melakukan pembelian  ulang atau  memilih kembali  suatu  barang atau  jasa  secara konsisten pada  masa yang  akan datang. Pelanggan  yang  loyal  merupakan  aset  penting  perusahaan,  hal  ini  dapat  dilihat  dari  karakteristik  yang  dimilikinya  sebagaimana  diungkapkan  Griffin  (2002:31)  bahwa  pelanggan  yang  loyal  memiliki karakteristik sebagi berikut : a.  Melakukan pembelian secara teratur (makes regular repeat purchases) b.  Membeli  diluar  lini  produk  atau  jasa  yang  sudah  dikonsumsi  dari  perusahaan yang sama (purchase across product and servise line) c.  Merekomendasi produk kepada orang lain (refer to others) dan  d.  Menunjukan  kekebalan  dari  daya  tarik  produk  sejenis  yang  dihasilkan  pesaing (demonstrates on immunity to the full of the competition)    Pelanggan  yang  merasa  sangat  puas  dengan  suatu  perusahaan,  akan  bersedia  untuk  melakukan  pembelian  ulang  kepada  perusahaan.  Hubungan  baik  dengan  pelanggan  juga  memungkinkan  perusahaan  untuk  dapat  memperkenalkan  produkproduk  lain yang  sekiranya  sesuai dengan keinginan pelanggan tersebut. Hal  ini  dapat  dilakukan secara lisan pada saat pelanggan tersebut berkomunikasi dengan perusahaan  dalam  memperoleh  informasi atau dengan  mengirimkan  majalah,  bulletin, atau  brosur  mengenai produk-produk perusahaan kepada pelanggan.
PT  Calmic  adalah  salah  satu  perusahaan  yang  bergelut  di  bidang  jasa  dimana  terdiri dari penyedia produk hygiene dan pest control yang sering digunakan di gedung  atau  ruangan  yang  biasanya  terdapat  aktivitas–aktivitas  di  dalamnya,  seperti  ruangan  kantor,  perpustakaan,  gedung  bioskop,  supermarket,  toilet,  dan  sebagainya. Hygiene  memiliki  tugas  untuk service  atau  memasang  alat-alat  yang  dibutuhkan  seperti  pengharum ruangan dll, sedangkan pest control bertugas untuk mengatasi masalah hama  seperti tikus, kecoa, dan serangga lainnya. Masing- masing bagian mempunyai beberapa  teknisi  yang  bertugas  untuk  melayani  jasa service dimasing-masing  konsumen  daerah  tertentu. Perusahaan ini mempunyai beberapa daerah khususnya untuk wilayah solo dan  sekitarnya. PT.  Calmic  yang  bertempat  di  Jl.  Tanjung 1  Karang  Asem  Solo rt  2 rw 6  Surakarta merupakan salah satu cabang dari beberapa kota. Seiring dengan berjalannya  waktu  bisnis  penyedia  produk hygiene dan pest  control  ini  mengalami  peningkatan  persaingan  dengan  semakin banyaknya  merek–merek produk hygiene dan pest control yang bermunculan.
Perusahaan berlomba-lomba menarik minat konsumen baru dengan memberikan  surat  penawaran  secara  langsung  datang  ke  instansi  dan  mempertahankan  konsumen    yang  sudah  ada  dengan follow  up  setiap  1  bulan  sebelum  masa  kontrak  habis.
Disamping itu perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan konsumen yang sudah  ada  yaitu  dengan  menerapkan relationship  marketing atau  komunikasi  dua  arah  yang  dilakukan antara penjual dengan konsumen.
Berdasarkan uraian  latar belakang  diatas, penulis tertarik untuk  membuat tugas  akhir dengan judul “PENERAPAN STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING PADA  PT CALMIC SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN PELANGGAN”.
B.  Rumusan Masalah.
Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  diuraikan  diatas,  maka  dalam  penelitian ini, penulis  mengemukakan permasalahan  menarik yang akan diteliti  yaitu : Bagaimana Strategi Relationship Marketing Pada PT Calmic.
C. Tujuan Penelitian .
Untuk  mengetahui bagaimana strategi relationship  marketing pada PT.
Calmic untuk meningkatkan jumlah konsumen.
D. Manfaat Penelitian.
1.  Bagi penulis  Tugas akhir ini sangat berguna bagi penulis sendiri yaitu menambah ilmu  pengetahuan,  wawasan  yang  luas  di  bidang  pemasaran,  serta  untuk  mempraktekan teori-teori yang telah penulis dapatkan dibangku perkuliahan  dan juga sebagai syarat untuk mendapatkan gelar ahli madya.
  2.  Bagi perusahaan  Sebagai  bahan  masukan  dan  pertimbangan  bagi  PT  Calmic  pada  umumnya  dalam  menentukan  dan  memutuskan  kebijakan  yang  terkait  dengan relationship marketing yang digunakan.
3.  Bagi pihak lain  Dapat  digunakan  sebagai  tambahan  informasi  dan  referensi  acuan  bagi  penulis lain yang akan melakukan penelitian dengan topic yang sama.
E.  Metode Penelitian .
1.  Desain penelitian .
Desain  yang  digunakan  adalah  studi  kasus,  karena  penulis  ingin  mempelajari  lebih detail  mengenai subjek penelitian dan kemudian bisa  memberikan gambaran lebih lanjut dari subjek penelitian tersebut.
2.  Obyek Penelitian .
Penelitian ini  dilakukan  di  Jl.  Tanjung  No.2A  Rt  001  Rw  013 Karang  Asem Solo.
3.  Jenis dan Sumber Data.
a.  Jenis Data .
Data  Kualitatif  adalah  data  yang  tidak  menggunakan  angka-angka.
Misalnya dapat berupa sejarah perusahaan dan struktur organisasi.
b.  Sumber Data.
a.  Data Primer adalah data-data yang didapat dari wawancara yang  dilakukan dari  salah satu  marketing  dan  beberapa karyawan PT.
Calmic tentang strategi relationship marketing.
  b.  Data  Sekunder  adalah  data-data  yang  diperoleh  dari  dokumen  perusahaan seperti sejarah perusahaan dan struktur organisasi.
4.  Teknik Pengumpulan Data.
Dalam penelitian penulis melakukan beberapa cara yaitu dengan :.
a.  Observasi .
Penulis  mengamati  secara  langsung  seorang  marketing  melakukan follow up terhadap konsumen.
b.  Wawancara .
Penulis  melakukan  penelitian  dengan  melakukan  wawancara  terhadap  marketing  dan  beberapa  karyawan  untuk  memperoleh  informasi yang dibutuhkan.
c.  Studi pustaka .
Dalam  penelitian  ini  penulis  mengambil  data-data  perusahaan  yaitu sejarah perusahaan dan struktur organisasi.
5.  Teknik Analisis Data .

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode teknis analisis  deskriptif kualitatif yaitu teknik untuk membuat gambaran atau deskripsi  secara sistematis, factual, dan akurat mengenai suatu obyek yang diteliti,  serta  menguraikan  dan  memaparkan  masalah yang diteliti tersebut yang  tersusun dalam bentuk laporan.   
Skripsi Ekonomi: Strategi Relationship Marketing Pada Pt Calmic Sebagai Upaya Mempertahankan Pelanggan

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi