Selasa, 02 Desember 2014

Skripsi Sastra: Analisis E-Wom, Kepercayaan, Citra Merek, Dan Niat Beli (Studi Pada Smartphone Samsung Android)

  BAB I.
PENDAHULUAN.
 Skripsi Sastra: Analisis E-Wom, Kepercayaan, Citra Merek, Dan Niat Beli (Studi Pada Smartphone Samsung Android)
Bab  I  menjelaskan  mengenai latar  belakang  yang  berisikan  fenomena,  variabel  yang  diteliti,  dan  alasan  pemilihan  topik  penelitian.  Selanjutnya  juga  dipaparkan mengenai rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

A.  Latar Belakang.
Perkembangan  dunia  informasi  dan  teknologi  berdampak  pada  persaingan  bisnis di era  global.  Setiap pelaku  bisnis  dituntut  untuk  semakin  kreatif  agar  dapat  bersaing  pada  pangsa  pasar  yang  diinginkan. Hal  itu  disebabkan  karena makin  banyaknya usaha-usaha  sejenis yang ada  di negara  ini. Pelaku  bisnis berusaha  untuk   memberikan  pelayanan  yang  terbaik  untuk  konsumen melalui berbagai informasi mengenai produk yang ditawarkan secara  jelas. Jenis pesan yang efektif dapat mengurangi resiko dan ketidapastian ketika  konsumen  membeli  produk  atau  jasa,  sehingga  akan  mempengaruhi  niat  pembelian dan pengambilan keputusan (Chatterjee,2001) Pertumbuhan  pengguna  internet  di  Indonesia  merupakan  peluang  bagi  pelaku  bisnis untuk  memberikan  gambaran terhadap  produk-produk  yang akan  ditawarkan.  Konsumen  juga  akan  semakin  mudah  dalam  mencari  informasi  terkait produk yang  akan dicari. Keberadaan forum  diskusi dan  alat komunikasi  online menjadi alternatif baru untuk melengkapi informasi yang belum atau telah  disampaikan  oleh produsen.  Facebook,  twitter,  blog,  kaskus  merupakan  alat  yang  biasa  digunakan  oleh  konsumen  untuk  mencari  data  mengenai  produk    yang akan dibeli. Berbagai platform yang memfasilitasi electronic word of mouth,  seperti  forum  diskusi  dan alat  komunikasi online lainnya,  juga  diakui  sebagai  faktor  yang  mempengaruhi  penggunaan  produk  dan  jasa  (Subramani  dan Rajagopalan, 2003) Tabel I.Negara Pengguna Internet Terbesar di Asia Tahun 201No  Negara  Jumlah  1  China 538,000,000  2  India 137,000,000  3  Japan 101,200,000  4  Indonesia 55,000,000  5  Korea Selatan 40,300,000  6  Philippines 33,600,000  7  Vietnam 31,000,000  8  Pakistan 29,100,000  9  Thailand 29,100,000  10  Malasyia 17,700,000  Sumber: www.internetworldstats.com Berdasarkan  tabel I.1  Indonesia  masuk  ke  dalam  empat  besar  negara  pengguna internet terbesar di Asia tahun 2012. Jumlah penggunanya mencapai  55  juta  orang. Kondisi  tersebut  mengindikasikan  bahwa  dalam  aktifitas  dan  komunikasi,  internet  cukup  berperan  penting  di  Indonesia.  Fungsi  internet    tersebut juga akan dimanfaatkan konsumen untuk mencari tahu segala hal yang  akan dibeli.
Keberagaman  produk  yang  beredar  di  masyarakat  berdampak  pada  munculnya  keinginan  untuk  mencari  tahu  mengenai  produk-produk  yang  akan  atau telah masuk di pasar. Hal tersebut karena masyarakat akan mencari produk  yang dianggap baik di pasarnya. Pihak produsen harus mampu memberikan nilai  lebih  pada  produknya  agar  tidak  sama  dengan  produk  pesaing.  Hal  itulah  nantinya  yang  dapat  menimbulkan  niat  beli  pada  konsumen  atau  yang  biasa  disebut dengan purchase intention.
Konsumen  biasa  mencari  informasi  terkait  produk  yang  akan  dibeli  dari  pengalaman pribadi ataupun dari pengalaman orang lain. Hal itu dapat diartikan  bahwa seseorang cukup memperhatikan respon orang lain terkait suatu produk.
Komiak  (2004) menyatakan  bahwa  internalisasi  dan  keakraban  yang  berdasar  kepercayaan,  kebajikan,  integritas  dan  kasih  sayang  pada  akhirnya  mempengaruhi niat beli konsumen yang didukung oleh preferensi pengetahuan.
Penelitian  yang  dilakukan Jalilvand  dan  Samiei (2012)  menjelaskan  mengenai faktor-faktor  yang dapat mempengaruhi niat beli (purchase intention) adalah electronic word  of  mouth  dan  citra  merek.  Kemudian  Xiaorong et  al.
(2011)  mengemukakan  bahwa electronic word  of  mouth  merupakan  faktor  pembentuk consumer  trust  dan  berpengaruh  signifikan  terhadap  niat  beli  konsumen.
  e-WOM  (electronic  word  of  mouth)  didefinisikan  sebagai  setiap  pernyataan positif atau negatif melalui internet yang dibuat oleh konsumen yang  potensial,  aktual,  atau  eks-konsumen  tentang  produk  atau  perusahaan  yang  diperuntukkan untuk banyak orang dan lembaga (Hennig-Thurau et al. 2004). Xu  Lin  (2007)  menggambarkan kekuatan  e-WOM  tergantung  pada  kredibilitasnya.
Studi ini  menemukan  lima  aspek  yang  menguatkan  hubungan  antara  informasi  penerbit  dan  pembaca,  ketergantungan  pembaca  pada  platform  komunikasi  eWOM,  manfaat  yang  dirasakan  pembaca  situs  web,  keterlibatan  risiko  dan  kecenderungan  untuk  percaya  memiliki  dampak  positif  yang  signifikan  pada  kredibilitas e-WOM.
Kepercayaan  (trust)  adalah  sesuatu  yang  penting  karena  membantu  pelanggan  mengatasi  persepsi  ketidakpastian  dan  risiko  serta  terkait  kepercayaan  perilaku  dengan  vendor,  seperti  berbagi  informasi  sebelum melakukan  pembelian  (Pavlou et  al. 2006). Pada  saat  ini,  status  kepercayaan  akan  diunggulkan karena terkait  dengan  kondisi ketidakpastian dan  risiko  yang  tinggi (Peterson et al., 2000).
Citra  merek  (brand image)  adalah sejumlah  keyakinan  tentang  merek  (Kotler, 2000). Para pembeli mungkin mempunyai tanggapan berbeda terhadap  citra perusahaan atau merek. Citra merek terdiri  dari  atribut  dan  manfaat  yang  terkait dengan merek yang membuat sebuah merek memiliki ciri khas, sehingga  membedakan tawaran perusahaan dari persaingan (Webster dan Keller, 2004).
  Minat  beli  (willingness to  buy)  didefinisikan  sebagai  kemungkinan  bila  pembeli  bermaksud  untuk  membeli  produk  (Monroe  dalam Kamtarin,  2004).
Simamora (2001) mengatakan niat beli timbul karena adanya dasar kepercayaan  terhadap produk yang diiringi dengan kemampuan untuk membeli produk.
Peranan  informasi  yang  beredar  di  konsumen  merupakan  hal  yang  penting  untuk  dijadikan  bahan  pertimbangan  dalam  niat  beli. Perkembangan  internet  saat  ini  juga  membawa  pengaruh  dalam  penyebaran  informasi  yang  beredar  di  lingkungan  konsumen.  Mereka  tidak  perlu  susah  payah  mencari  informasi  melalui  kontak  langsung  dengan  konsumen  lain,  namun  dengan  adanya  internet  konsumen  dimudahkan  dalam  mencari  informasi  secara  lengkap. Selain itu, citra merek dan kepercayaan  juga menjadi faktor pembentuk  niat beli.
Penelitian  ini  akan  membahas  mengenai  sejauh  mana  e-WOM,  kepercayaan,  dan citra merek memiliki pengaruh terhadap  niat beli  konsumen.
Penelitian akan menggunakan konsumen Smartphone Samsung jenis Android di  wilayah  Surakarta.  Samsung  adalah  salah  satu  perusahaan  elektronik  terbesar di dunia dengan salah satu jenis produk andalannya yakni smartphone.
Semakin  banyaknya  produsen  di  bidang smartphone  akan  menimbulkan  persaingan dalam membuat produk yang berkualitas dan digemari masyarakat Samsung  mengembangkan  sistem  operasi  Android  dalam smartphone yang  diproduksinya  .  Keberhasilan  Samsung  dalam platform  Android  dimulai  dengan  peluncuran  Samsung  Galaxy  S. Saat  itu  tingkat  penjualan  produk  tersebut  cukup  tinggi.  Namun,  seiringnya  waktu  banyak  produsen  yang    mengembangkan produk smartphone dengan fasilitas dan harga yang bersaing.
Hal tersebut harus disadari Samsung agar masyarakat berminat untuk membeli  produk smartphone yang diluncurkannya.
Tabel I.Penjualan Smartphone Android Kuartal Keempat 201No  Merek  Penjualan 1  Samsung 1,137,664  2  Smartfren Andromax 581,000  3  Lenovo 321,961  4  Oppo 250,497  5  Sony 198,930  6  Evercoss 115,039  Sumber: http://www.the-marketeers.com Tabel  I.2  menjelaskan  mengenai  penjualan smartphone android  pada  kuartal  keempat  tahun  2013.  Samsung  masih  menjadi smartphone  dengan  penjualan  paling  tinggi  yakni  sebesar  1,137,664.  Namun  sebagai  pendatang  baru,  Smartfren  Andromax  dan  Oppo  dapat  dikatakan mengalami  penjualan  yang juga cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari penjualan kedua pendatang baru  tersebut mengalahkan smartphone yang dikembangkan oleh Sony.
Penelitian Jalilvand dan  Samiei  (2012)  menguji  pengaruh  e-WOM  dan  citra  merek  pada  niat  beli.  Selanjutnya,  penulis juga  menguji  variabel kepercayaan yang diduga mempengaruhi niat beli. Variabel tersebut belum diuji    dalam penelitian yang dilakukan oleh Jalilvand dan Samiei (2012). Berdasarkan  uraian diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul : Analisis e-WOM, Kepercayaan, Citra Merek, dan Niat Beli (Studi pada Smartphone Samsung Android).
B.  Rumusan Masalah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Samsung mampu  mempertahankan posisi sebagai smartphone android dengan penjualan tertinggi.
Berdasarkan hal tersebut,  penelitian  dengan  topik  niat beli perlu  dikaji. Peneliti  menguji  faktor  e-WOM,  kepercayaan,  dan  citra  merek  sebagai variabel bebas serta  niat  beli  sebagai  variabel terikat. Research  question dalam  penelitian  ini  adalah :.
1.  Apakah e-WOM berpengaruh pada kepercayaan?.
2.  Apakah e-WOM berpengaruh pada citra merek?.
3.  Apakah e-WOM berpengaruh pada niat beli?.
4.  Apakah kepercayaan berpengaruh pada niat beli?.
5.  Apakah citra merek berpengaruh pada niat beli?.
C.  Tujuan Penelitian.
Berdasarkan  latar  belakang  dan  perumusan  yang  telah  dipaparkan,  tujuan dari penelitian ini adalah: .
  1.  Menguji pengaruh e-WOM pada kepercayaan.
2.  Menguji pengaruh e-WOM pada citra merek.
3.  Menguji pengaruh e-WOM pada niat beli.
4.  Menguji pengaruh kepercayaan pada niat beli.
5.  Menguji citra merek pada niat beli.
D.  Manfaat Penelitian.
1.  Manfaat Akademis  Penelitian ini  dapat memberikan pemahaman  lebih  luas mengenai  perilaku  konsumen terhadap niat beli dan teori-teori  yang terkait  dengan ewom,  kepercayaan,  dan citra  merek.  Selain  itu  diharapkan  juga  dapat  menjadi teori dalam pengembangan terkait penelitian yang sama.
2.  Manfaat Praktis  Penelitian ini  mampu  dijadikan  landasan  terkait  dengan  keputusan  niat beli konsumen oleh manajemen perusahaan Samsung. Selain itu, hasil  yang  telah  dijabarkan nantinya dapat  dijadikan  bahan  pertimbangan  dalam  menentukan strategi penjualan perusahaan Samsung ke depannya.

 Skripsi Sastra: Analisis E-Wom, Kepercayaan, Citra Merek, Dan Niat Beli (Studi Pada Smartphone Samsung Android)

Download lengkap Versi PDF

1 komentar:

pesan skripsi